Sabtu, 14 Februari 2015

SEJARAH SINGKAT TERBENTUKNYA KTT AL-IKHWAN


Sumber daya alam yang ada di Provinsi Jawa Barat begitu melimpah dan belum banyak        digali dan dimanfaatkan yang merupakan karunia Allah SWT untuk kita syukuri dan kita                gunakan bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
Begitu pula potensi sumber daya alam dari sector pertanian dan peternakan yang ada di wilayah Kabupaten Sunedang masih begitu besar untuk diusahakan dan sudah selayaknya apabila penggali potensi  tersebut diarahkan dengan pengelolaan yang arif dan bijaksana.
Kendala yang dihadapi adalah kurangnya permodalan yang cukup guna merealisasikan tujuan tersebut, yaitu meningkatkan produksi dan keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota / kelompok binaan. Untuk itu kami bermaksud dan berkeingnan mengajukan permohonan Ternak Sapi dalam rangka memberdayakan perekonomian    masyarakat pedesaan.

Sumber daya manusia merupakan factor penentu semua keberhasilan yang akan dicapai untuk pengelolaan sumber daya alam baik langsung maupun tidak langsung. Untu mengelola sumber daya alam tersebut memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas baik dilihat dari aspekpendidikan formal/informal, pengetahuan, sikap, keterampilan,social ekonomi serta perilaku masyarakat umum.
Sebagai jawaban masalah diatas adalah kelompok tani ternak AL-IKHWAN yang merupakan kelompok usaha dibidang pertanian dipedesaan yang dimiliki dan dikelola langsung oleh pelaku utama dan pelaku usaha dibidang pertanian secara berkelompok.
Kelompok tani ternak AL-IKHWAN adalah salah satu kelompok tani yang berada di Desa Padanaan Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang yang dikelola oleh salah seorang warga dengan dasar keinginan yang kuat dan etos kerja serta pengalaman yang dimiliki untuk bisa  ditransfer kepada para petani dengan anggota Kelompok Tani disekitar lingkungan yang pada dibentuklah sebuah kelompok yang membidangi sebuah kelompok tani Budi Daya Sapi dengan nama Kelompok Tani “AL-IKHWAN” pada tanggal 03 Juli 2010.

 Visi
Menjadikan lembaga mandiri dan pusat informasi kemitraan agribsnis dan memberikan pelatiha/pendidikan dibidang pertanian dan peternakan bagi petani pemula secara mandiri yang mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada sebagai sumber mata pencaharian yang berkesinambungan.

Misi
1.    Melaksanakan pelatihan dibidang pertanian dan peternakan bagi petani dan anggota             kelompok  Tani Ternak AL - IKHWAN
2.       Mencetak kader-kader pertanian yang tangguh dan berkualitas
3.       Mampu memberikan pelayanan pada anggota secara professional

Tujuan
1.       Menambah pengetahuan, kemandirian dan peningkatan pendapatan petani
2.   Membangun pertanian yang efektif yang memiliki nilai tinggi melalui pendekatan agribisnis peternakan
3.       Menddik petani untuk beternak sapi secara professional
4.       Mendorong pembangunan teknologi inofasi dalam rangka percepatan pertanian
5.       Mewujudkan pengembangan usaha kelompok dan anggota bianaan dibidang peternakan

If You Like This Post, Share it With Your Friends

Tidak ada komentar:

Posting Komentar